ujian praktek ips.
|
PENGELUARAN |
|||
|
No |
Nama Barang |
Biaya |
Total |
|
1 |
Singkong |
Rp. 5.000,- × 1 kg |
Rp. 5.000,- |
|
2 |
Ragi |
Rp. 1.000,- × 3 pcs |
Rp. 3.000,- |
|
3 |
Besek |
Rp. 2.000,- × 1 pcs |
Rp. 2.000,- |
|
Total Keseluruhan |
Rp. 10.000,- |
||
|
BIAYA PENJUALAN |
||
|
Total Pengeluaran |
Rp. 10.000,- |
Rp. 10.000,- |
|
25% Laba |
Rp. 10.000,- × 25% |
Rp. 2.500,- |
|
Harga Penjualan |
Rp. 12.500,- |
|
2. Jelaskan strategi pemasaran hasil yang kamu produksi di jaman seperti ini melaui video atau foto!
Strategi pemasaran yang akan saya terapkan adalah
dengan menjual tapai yang telah saya buat dengan sistem COD (Cash On
Delivery) dengan cara mempromosikannya melalui sosial media terlebih
dahulu, setelah itu jika tertarik konsumen dapat melakukan transaksi/pembayaran
secara langsung di tempat dan waktu yang sebelumnya sudah disepakati atau saya
dapat menjualnya melalui E-Commerce jenis Online-to-Offline. Online-to-Offline
ini adalah jenis E-Commerce terbaru di mana produsen menggunakan dua saluran,
baik online maupun offline, contohnya adalah Go-Jek, Grab, dan Maxim. Kedua
strategi tersebut terlihat sama, namun dapat dilihat pada sistem
Online-to-Offline penjualannya masih dalam naungan suatu perusahaan. Alasan
saya memilih strategi pemasaran ini karena tapai merupakan makanan basah yang
tidak dapat tahan lama/mudah busuk, sehingga jika saya menjualnya melalui
online shop seperti Shoppee, Lazada, dan Tokopedia, maka memungkinkan jika
tapai tersebut basi ketika masih tahap pengiriman.
3. Strategi apa yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan desain kemasan pada produk kreatif? Buatlah contohnya!
Untuk kemasan, saya menggunakan besek ukuran 10 × 10 yang saya beli sehara Rp. 2000,- dan untuk hiasannya saya menggunakan stiker yang saya desain sendiri serta saya beri tambahan tali rami diatasnya supaya terlihat lebih menarik dan tidak monoton.

.jpeg)
.jpeg)


.jpg)
0 komentar